Universitas Wiraraja memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan non akademik yang diwadahi dalam berbagai jenis Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) seperti Dewan Perwaklilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Wiraraja (DPM-KM Unija), Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Wiraraja (BEM-KM Unija), Unit Kegiatan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Wiraraja (UKM-KM Unija), Unit Kegiatan Khusus Keluarga Mahasiswa Universitas Wiraraja (UKK-KM Unija), Dewan Perwaklilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Universitas Wiraraja (DPM-KM-F Unija), Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Universitas Wiraraja (BEM-KM-F Unija), dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Fakultas Keluarga Mahasiswa Universitas Wiraraja (Himaprodi-KM-F Unija) serta Unit Usaha Mahasiswa Universitas Wiraraja (UUM Unija). Ormawa berkedudukan di Universitas dan Fakultas di lingkungan Universitas Wiraraja yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Universitas Wiraraja, diharapkan mampu mempersiapkan diri dalam menghadapi era baru dengan keterampilan manajemen, komunikasi dan kepemimpinan. Ormawa memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian, karakter, watak yang berwawasan luas sebagai penyiapan tenaga profesional dalam bidangnya. 
Mahasiswa sebagai salah satu komponen civitas akademika Universitas Wiraraja memiliki karakteristik yang heterogen, kedudukan dan fungsinya yang sangat strategis perlu dibina dan dikembangkan. Mereka sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup potensial perlu ditingkatkan daya kreativitasnya agar kelak menjadi lulusan yang sesuai dengan tujuan pendidikan di Universitas Wiraraja dan tujuan Pendidikan Nasional. Untuk mencapai tujuan tersebut tentunya memerlukan strategi yang dilakukan oleh bidang kemahasiswaan dalam bentuk kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler.
Tujuan utama pelayanan akademik baik dalam bentuk kurikuler adalah mengantarkan mahasiswa mencapai tingkat kesarjanaan, sedangkan pembinaan dan pengembangan mahasiswa dalam bentuk ekstrakurikuler guna mematangkan kepribadian mahasiswa sesuai dengan potensi yang dimiliki dan untuk melahirkan lulusan yang sesuai dengan visi dan misi Universitas Wiraraja.
Agar organisasi mahasiswa dan pembinaan kemahasiswaan dapat berjalan secara baik, perlu disusun Pedoman Umum dan Petunjuk Teknis Operasional Pembinaan Kemahasiswaan yang dapat dijadikan acuan sebagai dasar bagi penentuan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan kemahasiswaan.

Mencetak mahasiswa yang berkarakter

MARITIM 

Modern, Arif, Jujur, Religius, Integritas, Tangguh, Inovatif, dan Mandiri.

#CendikiawanMadura

Flag Counter